SEKILAS TENTANG OOP (OBJECT ORIENTER PROGRAMMING)
OOP ( Object Oriented Programming ) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi, setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.
Dalam OOP terdapat konsep dasar, yaitu :
1. Encapsulation (Pembungkusan)
Variabel dan method dalam suatu obyek dibungkus agar terlindungi dari pengguna obyek. Konsep ini pada dasarnya merupakan perluasan dari tipe data struktur.
2. Inheritance (Pewarisan)
Inheritance adalah penurunan sifat dari Superclass kepada Subclass sehingga apa yang dimiliki oleh Superclass , dimiliki juga oleh Subclass. Class yang mewarsisi disebut superclass, sedangkan class yang diberi warisan disebut subclass. Begitu juga dengan subclass, subclass juga bisa mewariskan atau berlaku sebagai superclass bagi class yang lain yang disebut Multilevel Inheritance.
3. Polymorphism ( Perbedaan Bentuk )
Polymorphism merupakan kemampuan objek-objek berbeda kelas dalam pewarisan objek untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama dan untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan kepada sebuah objek.
4. Class
Class adalah penggambaran sebuah objek dan juga tentang fungsi objek itu sendiri. Di dalam class dideklarasikan variable dan method yang dimiliki objek. Proses pembuatan obyek dari sebuah class disebut Instantiation. Class memiliki anggota yang disebut Class Member. Class Member tediri dari atribut dan method.
- Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Method didefinisikan pada class , akan tetapi dipanggil melalui object. Method menentukan perilaku objek.
- Atribut adalah sesuatu yang dimiliki oleh sebuah class.
5. Object
Object adalah hasil bentukan dari class
PROPERTIES DAN EVENT PADA KONSEP OOP
1. Properties
Properties adalah atribbut-atribut yang melekat pada sebuah objek yang biasanya merupakan karakteristik penampilannya seperti warna, jenis huruf, ukuran dan sebagainya. Properti sebuah objek dapat diubah saat memprogram atau pada saat program dijalankan.
2. Event
Event adalah kejadian atau segala sesuatu yang dapat dialami oleh sebuah objek. Suatu objek dapat memiliki banyak event.
CONTOH ILUSTRASI PEMBUATAN OBJECT DALAM OOP
Class : Radio
Object : Radioku
Attribute :
Warna kuning jeruk
Merek Kick Denim
Pemutar Volume
Tombol on/off
Method :
Membesarkan volume
Menyalakan radio
Mematikan radio
Dari contoh diatas, terdapat satu buah class Radio dengan object Radioku . Object dalam class Radio bisa dibuat lebih dari satu. Kita bisa membuat object Radioku, Radiomu, Radionya Edi, ataupun Radionya Sun. Banyak object yang dapat diciptakan dari satu kelas yang sama seperti halnya banyak radio yang dapat dibuat dari satu gambar rancangan yang sama.
Sumber Referensi :
http://mikael23.blogspot.com/2012/04/kelebihan-dan-kekurangan-pemrograman.html http://sufroni.blogspot.com/2010/05/kelebihan-kekurangan-pemrograman.html
http://materijava.wordpress.com/2009/09/10/mengenal-object-oriented-programming/
http://alqaa.wordpress.com/2011/10/14/apa-itu-objek-kelas-variabel-method-dalam-object-oriented-programming-oop/
http://www.mikron123.com/index.php/Tutorial-VB/Tutorial-4-Properties-Method-dan-Event.html
http://juni-ana-prihati.blogspot.com/2013/04/mengenal-konsep-oop.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar